Sabtu, 22 Desember 2012

Monster


Sewaktu kecil, Fitri bukanlah monster.
Dia anak kecil manis berwajah selalu serius. Rambutnya selalu rapi. Panjang, dikepang dua. Wajahnya dihiasi kacamata. Sesuai dengan kesukaannya membaca. Belajar.  
Kamarnya sangat rapi. Meja belajarnya sangat rapi. Buku-bukunya tertata rapi. Semua pinsil dan pinsil warna selalu diserut secara teratur. Tempat tidurnya bersih. Sepatu-sepatunya bersih dan tertata rapi di rak. Baju-bajunya tersimpan rapi.
Fitri sangat rapi.
Itu membuat kakak perempuannya menjadi sebal kepadanya. Mengganggunya dengan membuat sesuatu jadi berantakan di kamar adiknya.
Fitri selalu merapikannya lagi. Lagi. Dan lagi.
***
Menurut ibunya, disiplin dan pantang menyerah itu modal untuk kesuksesan. Fitri ingin jadi orang sukses. Perempuan yang hebat. Tantangan dari kakak perempuannya yang pesolek dan pengganggu itu baginya merupakan jalan untuk menjadi anak yang hebat. Di sekolah pun dia sering diganggu oleh anak-anak yang jahil. Membuat penghapus miliknya jadi kotor. Mengambil begitu saja pinsil warnanya dan mematahkannya. Menjatuhkan penggaris ke lantainya.
Fitri akan bersabar. Di rumah dia akan mencuci dan mengeringkan penggarisnya. Akan menggosokkan penghapusnya ke kertas bekas yang putih agar bersih lagi. Menserut pinsil-pinsilnya. Menyimpannya dengan rapi.
Duduk di kursi belajarnya dengan duduk tegak dan jarak antara mata dan buku di atas meja sekitar 30 cm.
Fitri sangat percaya diri.
Ibunya selalu memuji-muji dirinya. Itu akan membuat Fany –kakak perempuannya yang pencemburu- kemudian mengotori sesuatu miliknya. Tapi Fitri akan membersihkannya lagi. Ibu guru suka memuji-muji dirinya. Rajin. Pandai. Patut dicontoh. Anak perempuan pencemburu teman sekelasnya akan mencibirkan bibir dan menghasut teman-teman lain untuk menjauhinya. Anak-anak lelaki tertawa-tawa sambil melihatnya dari jauh. Anak lelaki dengki akan mencoba menggentarkan hatinya dengan mengancam.
Anak seunggul Fitri pastinya mendorong orang-orang yang cemburu untuk menjadi musuhnya.
Fitri tetap percaya diri. Bahwa dirinya akan sukses sejak anak-anak sampai masa dewasa kelak. Kesuksesan yang diraih dengan disiplin. Ketekunan. Ketabahan. Sukses di masa kecil adalah memiliki nilai-nilai bagus. Sukses di masa dewasa adalah memiliki pekerjaan bagus. Jabatan. Penghasilan tinggi. Itu yang dipahaminya apabila mendengar perbincangan orang dewasa. Orang tua dan saudara-saudaranya. Semua orang dewasa yang pernah ditemuinya. Mereka akan mengatakan seorang anak hebat dengan menanyakan terlebih dahulu “Rapotnya bagus enggak? Nilainya berapa?”  Mereka akan mengatakan si anu hebat, sudah menjadi orang kaya. Sudah menjadi anu.
Fitri tidak mau kelihatan kalah.
Selalu menunjukkan wajah percaya diri. Saat anak-anak perempuan yang iri hati padanya sebagai anak emas guru mengeroyoknya, dia tetap menegakkan wajah. Saat anak lelaki berwajah jelek itu mencegatnya dan mengancamnya karena tidak memberi contekan, dia menguatkan hatinya untuk tidak menangis.
Ketika salah satu buku koleksi Ensiklopedia kesayangannya penyok karena dibawa tidur kakak perempuannya, dia juga bersabar mencoba memperbaikinya dengan selotip.
Saat kakak perempuannya melemparkan buku cerita miliknya ke atas tempat tidur, meminjam tanpa ijin, mengembalikan dalam keadaan tidak sebaik semula, Fitri hanya menatap ke arah kakaknya dengan tegar. Melihat senyum mengejek di wajah orang yang selalu mengganggu dirinya dengan sebutan “Anak aneh”.
Anak aneh yang dimaksud kakaknya adalah tidak punya teman. Menghabiskan waktu di meja belajar. Membaca. Menghafal.
***
Sekian puluh tahun kemudian Fitri sudah menjadi boss.
Anak buahnya banyak. Orang Indonesia semua. Atasannya cuma segelintir orang asing. Fitri sering duduk di antara mereka. Berbicara Bahasa Inggris. Sesekali Perancis. Kalau pegawai masuk ke dalam ruangan, akan tertunduk-tunduk menerima perintah-perintah darinya. Bahkan menerima makian atas kesalahannya.
Kemudian dia akan mengatakan betapa bodohnya pegawai yang membuat kesalahan itu. Betapa malasnya office boy yang seharusnya setiap pagi langsung menyediakan teh di atas mejanya tanpa harus ditanya lagi. Atau genitnya sekretaris yang semakin lama semakin pendek roknya. Boss-boss hanya tertawa mendengar keluhannya. Fitri membuat mereka bisa bersantai karena segala hal sudah dikerjakannya sekeras-kerasnya.
Fitri selalu mendapatkan apa pun yang diinginkannya dari Boss Amerikanya. Keinginan Fitri memang selalu untuk kepentingan atasannya. Apakah harus memindahkan si anu. Memberhentikan seseorang. Atau tidak memberikan bonus sebagai pelajaran supaya para karyawan mengerti bahwa bonus itu mereka dapat karena kerja keras mereka sendiri. Ada bonus akhir tahun kalau mereka bekerja keras.
Yang menentukan apakah mereka bekerja keras atau tidak adalah Fitri.
***
Fitri membenci fesbuk yang katanya merupakan gangguan bagi kinerja di kantornya. Membuatnya sakit kepala memikirkan bahwa para karyawan mencuri waktu dengan membuat status di saat jam kerja. Menyembunyikan handphone di bawah meja untuk membuka fesbuk dan ketawa-ketawa. Sungguh bayangan yang dibencinya.
Fitri tidak punya fesbuk. Maksudnya, Fitri tidak punya teman untuk berfesbuk. Dia membuka account dengan nama dan foto samaran. Berteman dengan orang-orang yang tak dikenalnya hanya untuk tahu bagaimana cara kerja fesbuk.
Membayangkan karyawannya berteman di fesbuk sangat menjengkelkannya. Apalagi membayangkan mereka membuat status tentang dirinya, bisa membuatnya jadi marah-marah tanpa sebab. Sebuah kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang. Kampungan. Snob. Begitu gerutunya. Sekretarisnya yang cantik dan punya kaki bagus yang suka dipamerkannya dengan memakai rok mini itu paling dicurigainya.
Ada saja alasan Fitri untuk membuat Nita, sekretaris itu, memiliki hari buruk. Entah itu catatan rapat yang buruk. Atau surat yang kalimatnya keliru. Informasi telepon dari klien yang disampaikan Nita ternyata misleading. Atau sekretaris itu  mendapatkan omelan karena “tidak bisa memahami perintah yang begitu jelas dan sederhana”.
Boss bulenya mengedipkan mata kepada si sekretaris.  Mengatakan kepada Fitri bahwa kesalahan seperti itu memang tidak perlu terulang lagi.
Boss tahu perlunya membuat Fitri merasa nyaman. Menikmati harinya dengan bekerja sekeras-kerasnya. Puas atas dirinya. Kekuasaan yang sepenuhnya diberikan majikan yang bisa menyisihkan waktu santai di kantor untuk membuka-buka halaman fesbuk anak-anak dan istrinya. Serta keluarga dan sahabat-sahabatnya di Amrik.
Sekretaris itu mendapat bisikan di telinganya dari boss yang lewat. “Don’t take it too serious...” Sambil mengedip-ngedipkan matanya.
***
Ibu Ratu. Begitu para bawahan menyebutnya.
Tidak seorang pun berani mengatakan “Tapi, Bu....” untuk mengatakan bahwa apa yang dikatakan Ibu Ratu itu tidak benar. Sebab seketika itu juga nasib buruk akan menantinya. Masih lumayan kalau hanya mendapatkan makian atau teriakan. Lebih buruk lagi bila kehilangan pekerjaan.
Ibu Ratu selalu benar. Bahkan boss pun selalu membenarkannya. Apa pun yang dikatakan dan dilakukan Fitri selalu benar menurut Boss karena memang selalu untuk kepentingan dirinya. Bahkan boss mengatakan dengan logat bulenya: ”Ini kantor bukan tempat pesta, Nita... pakailah baju yang lebih cocok...” Sambil mengedipkan sebelah mata kepada sekretarisnya di belakang punggung Fitri.
Sekretaris itu membuat status di bawah mejanya. “Monster gila... ke laut aje...”  Tidak berapa lama kemudian banyak teman-teman kerjanya yang merespon “like”.
***
Sewaktu kecil, kedua orang tua Fitri mampu memberikan kamar untuk setiap anaknya.  Kamar Fitri didekorasi dengan cantik. Meja belajar dan rak buku mendominasi kamarnya. Koleksi buku cerita yang merupakan kemewahan bagi masyarakat di Indonesia, merupakan milik yang paling dicintai Fitri.
Kamar itu memiliki semua hal yang diperlukan anak. Tivi kecil. Radio tape. Suatu kemewahan masa itu bila seorang bisa memiliki untuk dirinya di kamarnya sendiri.
Namun di kamar Fitri tidak pernah ada teman yang menginap.
Teman-teman Fany sering ribut di dalam kamarnya, tertawa-tawa membicarakan anak lelaki yang ditaksir, menggosipkan guru dan teman perempuan, berdandan, dan merencanakan jalan-jalan ke mall.
Mereka menganggap Fitri anak aneh karena tidak punya teman. Tidak bosan menekuni buku pelajaran. Fitri mendengar sama-samar mereka berbicara. Kutu buku. Kuper. Anak aneh.
Baru pertama kali itu dia menangis.
Menangis karena tidak punya teman.
***

Apa gunanya teman kalau mereka menghalangimu untuk mencapai sukses?
Membuatmu membuang waktu untuk berkumpul, bergunjing, melakukan hal-hal yang kurang berguna. Begitulah Fitri kemudian menyimpulkan.
Suksesnya sekarang sebagai boss merupakan buah dari kerja kerasnya. Sekolah ke Luar Negeri hasil dari menabung, mungkin tidak bisa dilakukannya bila punya banyak teman yang akan membuatnya menghambur-hamburkan uang.
Beberapa perempuan Indonesia di kantornya dianggapnya sebagai teman. Mereka adalah orang-orang yang memiliki jabatan –tentu di bawahnya- sehingga bisa dijadikan teman. Tapi, sebaliknya mereka merasa bahwa Ibu Ratu bukanlah teman yang sesungguhnya.
Ibu Ratu mengundang mereka untuk “mencoba masakan buatannya” dan mereka tentu saja harus hadir untuk memuji-muji keahliannya memasak. Mengagumi rumahnya yang cantik dan perabotannya yang berselera tinggi. Taman yang terawat rapi. Kolam renang yang biru dan nyaman untuk membuat pesta kebun.
Pesta kebun dengan siapa? Itu masalahnya.
Bagi ketiga kolega perempuan itu, menghabiskan waktu 2 jam di akhir pekan di rumah Ibu Ratu merupakan mimpi buruk. Namun mereka menunjukkan wajah dan ucapan senang telah diundang ke rumahnya. Berbincang dalam keakraban yang dibuat-buat.
Fitri bukannya tak tahu.
***
            Hari itu terjadi bencana yang dasyat di kantor.
Ibu Ratu murka pada semua hal. Semua orang. Mengancam. Berteriak. Menakut-nakuti semua orang tentang perampingan karyawan. Tentang kinerja perusahaan. Tentang pemalsuan absensi. Tentang pakaian dan disiplin.
            Hal ini bermula dari obrolan bawahannya tentang sang sekretaris yang akan mengundurkan diri dari perusahaan. Memang gosip itu sudah beredar beberapa waktu sebelumnya. Fitri tak mengindahkannya.
            Gosip itu sekarang berubah menjadi informasi bahwa Nita berhenti bekerja karena dirinya serius menjalin hubungan dengan seseorang dan akan segera menikah. Kejutannya adalah pria yang menjadi calon suaminya itu ternyata salah seorang manajer muda yang merupakan orang dekat boss besar karena berasal dari negara yang sama.
Inilah yang menjadi sumber bencana.
Ibu Ratu yang membenci sekretarisnya –karena berani menentang wajahnya itu- merasa terpukul dengan kabar itu. Menjadi marah karena selama ini dirinya mencoba meyakinkan boss bahwa sekretaris yang lelet dan tidak becus bekerja itu mungkin perlu dipindahkan jadi staf administrasi karena mereka harus mencari yang lebih kapabel. Boss selalu mengatakan untuk memberi waktu dulu.
Sekarang Ibu Ratu mendapat informasi bahwa sekretaris yang berani melawannya itu akan melangsungkan pernikahan dengan orang Amerika muda yang meskipun jabatannya di bawah dirinya namun sebagai bule tetap seperti dekat dengan boss atasannya.
Amarah Fitri hari itu menimpa seisi kantor.
Dalam hati orang-orang menertawakannya. Perempuan gila kekuasaan yang tak pernah berkencan. Bahkan tidak berteman.
Hari itu para karyawan riuh-rendah membuat lelucon di fesbuk tentang Ibu Ratu yang pastinya harus memakai topeng tersenyum saat menghadiri pernikahan Nita.
Fitri bukannya tak tahu kapan dia dijadikan sasaran di fesbuk. Walau dia tidak tahu apa itu yang dikatakan karyawan-karyawannya. Forum gosip. Tak berguna. Norak.
***
Fitri memasang foto dirinya yang paling cantik. Berlatar belakang Paris. Sebagai profile picture di fesbuk. Secara teratur dirinya memasang foto tempat-tempat mewah yang disinggahinya. Negara-negara di Eropa. Amerika. Mekah. Mesir.
Sejak dirinya tampil di fesbuk dan semua bawahannya dimintanya untuk meng-invite dirinya, fesbuk menjadi tempat yang sepi. Para karyawan jarang berkumpul lagi di forum itu karena jarang ada yang membuat status lucu untuk mengundang semua orang berkomentar.
Sementara Fitri cukup rajin mengupload sesuatu yang baru. Musik. Film. Buku. Foto-foto yang dijepretnya sendiri di tempat-tempat yang selalu baru.
Fitri menjadi senang kepada fesbuk yang berhasil ditaklukkannya.
Kalau dia membuat status, pegawainya akan berpikir keras apakah akan berkomentar ataukah tidak. Apakah akan me-like. Paling-paling tiga orang perempuan yang dianggapnya teman di kantor itu yang berani berkomentar: “Keren, Bu...”  Akhirnya banyak yang lebih memilih tidak aktif lagi di media jejaring sosial itu.
***
Fitri menikmati dirinya menjadi teror.

***

Tidak ada komentar: